Opick - Assalamualaikum

Jumat, 23 November 2012

Ghibah

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullah wabarakatuh

Pada suatu kesempatan, seorang kyai sedang menyampaikan ilmu kepada para santrinya. Setelah ilmu selesai disampaikan,
seorang santri mengacungkan tangannya hendak bertanya. kyai tsb lalu mempersilakannya untuk bicara.

"Guru, saya ingin tahu bahaya "ghibah" itu seperti apa. Bisakah guru memberikan gambaran yang mudah dan jelas tentang hal ini?
Kyai berpikir sejenak, kemudian menjawab.
"Ambillah olehmu seekor ayam yang sudah mati.Cabutilah olehmu seluruh bulunya dan hitung olehmu berapa jumlahnya. Dalam perjalanan pulang kerumah, tebarkanlah beberapa helai bulunya di jalan yang kau lalui itu sampai habis. Setelah itu kumpulkan kembali bulu-bulu ayam itu besok pagi dan temuilah aku."
Santri itupun mengangguk tanda mengerti. Lalu , diperbuatlah olehnya seperti yang diperintah oleh gurunya tersebut. Dicarilah seekor ayam yang sudah mati, lalu dicabutilah bulunya.
Setelah itu ia menghitung berapa jumlah bulu yang berhasil diperolehnya. Dalam perjalanan pulang, ditebarkanlah beberapa helai bulu ayam itu disepanjang jalan yang dilaluinya.

Setelah pagi datang, iapun bergegas mempersiapkan diri untuk menemui sang guru. Dengan melewati jalan yang sama, ia mengumpulkan bulu-bulu ayam yang kemaren ia tebarkan disepanjang jalan yang dilaluinya.
Tapi, sungguh susah ia melakukannya karena sebagian dari bulu-bulu ayam itu sudah terbang hilang entah kemana.

Sesampainya ia dikediaman sang guru, jumlah bulu ayam yang berhasil dikumpulkannya tidak sesuai dengan jumlah awalnya, berkurang hampir dua pertiganya.

"Nah, muridku, bagaimana keadaanmu hari ini? Dapatkah engkau mengumpulkan seluruh bulu ayam yang kau tebarkan itu?"
Santri ini menggelengkan kepalanya, lalu bertanya apa hikmahnya, sang kyai menjawab.

"Sesungguhnya begitulah ghibah itu. Walaupun engkau sudah menarik kembali ghibah itu dari lidahmu, tapi engkau tidak dapat menghapus seluruh pengaruh dari ghibah itu. Sama seperti bulu ayam yang telah kau sebarkan kemarin, hari ini engkau tidak dapat mengumpulkan seluruhnya. Karena dua pertiga dari bulu-bulu ayam itu sudah hilang terbawa angin entah kemana"


Ghibah (bergunjing keburukan orang lain) itu sifatnya cepat menyebar dan sulit menemukan siapa yang memulai terlebih dahulu dalam berghibah.

QS Al-Hujarat 12

Hai orang-orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain.
Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah.
Sesungguhnya manusia maha penerima tobat lagi maha penyayang.

Rasulullah ketika melewati sebuah kuburan berkata:

"Sungguh penghuni dua kuburan ini sedang disiksa dan keduanya disiksa bukan karena mengerjakan dosa besar, adapun salah satunya ia suka menggunjing dan yang kedua diazab karena tidak menjaga diri dari percikan air kencingnya"
Lalu Rasulullah SAW meminta pelepah korma dan beliau menancapkan diatas 2 kuburan itu.
Kemudian berkata, "Semoga pelepah korma ini dapat meringankan siksanya sampai kering"
(HR Bukhari dan Muslim)


wallahu a'lam bish-shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar