Opick - Assalamualaikum

Selasa, 16 April 2013

Dalam membaca status yang posting di akun facebook oleh seseorang

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh 


kalau tidak suka dengan status yang posting di akun facebook oleh seseorang, sebagusnya tindakan sebagai 'seorang muslim yang beriman' adalah; abaikan(ignore) atua lewati saja. Kenapa...? karena, kalau kita comment bisa terjadi perdebatan dan bisa timbul bahaya lisan.
kalau niat ingin meluruskan dan memberi nasehat, cukup satu kali comment. kenapa...? karena sesuai sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam ;

"Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang MENINGGALKAN DEBAT MESKIPUN DIA BERADA DALAM PIHAK YANG BENAR. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya."
(HR. Abu Dawud dalam Kitab al-Adab, hadits no 4167. Dihasankan oleh al-Albani dalam as-Shahihah [273] as-Syamilah)

kenapa kita MENINGGALKAN DEBAT MESKIPUN BERADA DALAM PIHAK YANG BENAR?

-supaya lisan kita terjaga dari bahaya lisan (Secara umum bahaya lisan ada pada kesalahan dalam berbicara, berdusta, menggunjing (ghibah), adu domba (namimah), bermuka dua (nifaq), berkata-kata kotor, berdebat yang tidak ada gunanya, memuji diri sendiri, membicarakan kebatilan, menyebarkan permusuhan, menyakiti orang lain, menodai kehormatan orang lain, dan sebagainya)
-supaya kita terhindar dari sifat sombong
-supaya kita di jauh sifat gila pujian(Barang Siapa Yang Begitu Girang Dengan Pujian Manusia, Syaithan Pun Akan Merasuk Dalam Hatinya).
-supaya terhindar dari pujian & populer wujudkan sifat ujub,angkuh, sombong dan riya'

 kalau status yang posting di akun facebook oleh seseorang membawa manfa'at tinggal mengamalkan




Wallahu a’lam bish-shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar