Opick - Assalamualaikum

Senin, 06 Agustus 2012

Kecerdasan Emosional


Assalamu'alaikum warahmatullaah wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Menentukan sukses dalam kehidupan ini? Bukan kecerdasan intelektual tapi kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional diukur dari kemampuan mengendalikan emosi dan menahan diri. Dalam Islam, kemampuan mengendalikan emosi dan menahan diri disebut "sabar." Orang yang paling sabar adalah orang yang paling tinggi dalam kecerdasan emosionalnya. la biasanya t
abah dalam menghadapi kesulitan. Ketika belajar orang ini tekun. la berhasil mengatasi berbagai gangguan dan tidak mempertur-utkan emosinya. la dapat mengendalikan emosinya.

Orang-orang yang cerdas secara emosional adalah orang yang sabar dan tabah dalam menghadapi berbagai cobaan. la tabah dalam mengejar tujuannya. Orang-orang yang bersabar menurut AI-Quran akan diberi pahala berlipat ganda di dunia dan akhirat: Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Allah SWT mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk (QS. AI-Baqarah 157). Ada beberapa pahala yang akan diperoleh bagi orang yang bersabar yaitu shalawat (keberkatan yang sempurna), rahmat, dan hidayat.

Ada tiga jenis kesabaran;
Pertama, sabar dalam menghadapi musibah.
Kedua, sabar dalam melakukan ibadah.
Ketiga, sabardalam menahan diri untuk tidak melakukan maksiat.

Sabar dalam menghadapi musibah pahalanya lebih besar. Bahkan menurut AlQuran, pahalanya diberikan tanpa perhitungan: Allah memberikan pahala kepadanya tanpa perhitungan (Az-Zumar 10). Sabar dalam menjalankan ibadah pahalanya lebih besar daripada sabar dalam menghadapi musibah. Dan sabar dalam menahan diri akan melakukan maksiat pahalanya jauh lebih besar daripada dua jenis sabar yang lainnya.

 

 wallahu a'lam bish-shawab


By : Mencari Rezky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar