Opick - Assalamualaikum

Senin, 06 Agustus 2012

Meneladani Akhlaq Rasuulullah Terhadap Istrinya



Assalamu'alaikum warahmatullaah wabarakaatuh.

Bismillahirrahmanirrahim….

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selalu memperhatikan penampilannya jika bertemu dengan istri-istrinya

Memperhatikan penampilan tubuh dan penampilan pakaian memiliki dampak positif yang cukup besar dalam menjaga kelestarian kehidupan rumah tangga. Sang istri berusaha berpenampilan menarik dengan pakaian yang menawan dan wewangian yang menggoda, demikian juga sang suami berusaha berpenampilan menawan di hadapan sang istri… maka sungguh indah kehidupan ini. Bayangkan lagi jika setiap hari demikian pemandangan kehidupan rumah tangga….apalagi jika kedua sejoli berusaha dalam kondisi seperti ini tatkala setiap kali bersua…sungguh romantis…!!!???.

Namun kenyataan yang terjadi di zaman ini, para wanita banyak yang berpenampilan untuk orang lain, bahkan terkadang sebagian suami yang bejat merasa bangga jika istrinya berpenampilan ayu dihadapan orang lain agar ia mengiklankan bahwa ia mempunyai istri yang ayu…demikian juga sebaliknya dengan sang suami yang hanya berpenampilan dan berwewangian jika bersua dengan sahabat-sahabatnya…rekan bisnisnya… Adapun jika bertemu dengan istrinya maka ia tidak peduli dengan pakaiannya yang kusut, aroma tubuhnya yang bau…dan….dan… maka bagaimankah kehidupan rumah tangga langgeng dengan penuh keromantisan jika kondisinya seperti ini..???!!!.

Sebagian para suami yang lalai, mereka menyangka bahwa istri-istri mereka saja yang wajib untuk menghias diri dan beraroma sedap dihadapan mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka. Adapun mereka, maka tidak perlu untuk menghias diri dan merapikan tubuh…!!!!

Apakah mereka lupa bahwa istri-istri mereka juga butuh dengan ketampanan mereka…??, butuh untuk memandang pemandangan yang indah…???, butuh untuk menghirup aroma yang segar dan wangi…???.

Ibnu Katsir berkata tatkala menafsirkan firman Allah

Dan bergaullah dengan mereka dengan baik (QS. 4:19)

"….Indahkanlah penampilan kalian semampu kalian. Sebagaimana engkau menyenangi ia (istrimu) berhias diri maka hendaknya engkau juga berbuat demikian dihadapannya.

Allah berfirman.yang artinya:
"Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang sepatutnya." (QS. 2:228).

(Tafsir Ibnu Katsir I/467)

Ibnu Abbas berkata,
"Sesungghnya aku senang berhias untuk istriku sebagaimana aku suka ia berhias untukku karena Allah berfirman "Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang sepatutnya"
(Atsar riwayat At-Thobari di tafsirnya II/453, Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubro VII/295 no 14505, dan Ibnu Abi Syaibah di Mushonnafnya IV/196 no 19263)

Dari Aisyah berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam jika masuk ke rumahnya maka yang pertama kali beliau lakukan adalah bersiwak"(HR Muslim I/220 no 253)

Dari Aisyah berkata, (yaitu dalam kisah pengharaman madu)

"…Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sangat merasa berat jika ditemukan darinya bau (yang tidak enak)…", maka Aisyah berkata kepada Saudah, "Jika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menemuimu maka ia akan mendekatimu (mencumbuimu) maka katakanlah kepadanya, "Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apakah engkau makan magofir (yaitu tumbuhan yang memiliki bau yang tidak enak)?, maka ia akan berkata, "Tidak", lalu katakanlah, "Kalau begitu ini bau apaan?"… tatkala Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menemui Hafshoh maka Hafshohpun berkata keapadanya, "Aku tuangkan madu buatmu?", Rasulullah berkata, "Aku tidak pingin madu tersebut". Saudah berkata, "Mahasuci Allah, kita telah menjadikannya mengharamkan madu". Aisyah berkata kepada Saudah, "Diamlah!!!" (HR Al-Bukhari VI/2556 no 6571)

Bahkan tidaklah mengapa jika seorang suami sengaja untuk memiliki pakaian yang agak mahal sedikit demi menjaga penampilannya di hadapan istrinya selama tidak sampai derajat pemborosan.

Anas bin Malik berkata
"Pakaian yang paling senang dipakai oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah Hibaroh." (HR Al-Bukhari no 5476 dan Muslim no 2079)

Berkata Ibnu Baththol,
"Hibaroh adalah pakaian dari negeri Yaman yang terbuat dari kain Quthn. Dan ia merupakan pakaian termulia di sisi mereka" (Fathul Bari X/277)

Berkata Al-Qurthubi,
"Dinamakan Hibaroh karena pakaian tersebut تُحَبِّرُ yaitu menghias dan mengindahkan (pemakainya)" (Fathul Bari X/277)

Bahkan tatkala Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam wafat beliau tidak meninggalkan kain yang indah ini. Aisyah berkata
"Bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tatkala wafat beliau ditutupi dengan kain hibaroh." (HR Al-Bukhari no 5477)

Oleh karena itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan untuk berhias dan berpenampilan rapi dan bersih. Tatkala beliau melihat seseorang memakai pakaian yang usang maka beliau berkata kepadanya, "Apakah engkau memiliki harta?", orang itu berkata, "Iya Rasulullah, aku memiliki seluruh jenis harta (yaitu yang dikenal saat itu) (Hasyiah As-Sindi VIII/181)".

Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepadanya
"Jika Allah memberikan harta kepadamu maka hendaknya terlihat tanda harta tersebut pada dirimu." (HR An-Nasai no 5223 dan dshahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Ibnu Hajar mengomentari hadits ini,
"Yaitu hendaknya ia memakai pakaian yang sesuai dengan kondisinya yaitu baju yang indah dan bersih agar orang-orang yang membutuhkan tahu keadaannya untuk meminta kepadanya. Dengan tetap memperhatikan niat (yang baik dan tidak untuk bersombong ria-pen) serta tidak sampai pada derajat pemborosan" (Fathul Bari X/260)

wallahu a'lam bish-shawab

By : Mencari Rezky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar